Jumat, 04 Maret 2011

Wakil Duta Besar Amerika Serikat Di Jakarta

Biografi

Ted Osius, Wakil Duta Besar
Ted Osius, Wakil Duta Besar
Ted Osius
Wakil Duta Besar
Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta, Indonesia

Pada 24 Juni 2009, Ted Osius menjabat posisi Wakil Duta Besar Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Osius pernah menjabat sebagai Minister Counsellor Bidang Politik di Kedutaan Besar AS di New Delhi dari 2006-2009. Ia menjadi penasihat Duta Besar untuk masalah kebijakan luar negeri dan politik dalam negeri India. Osius menjadi Deputi Direktur Divisi Masalah Korea di Departemen Luar Negeri AS dari 2004-2006. Divisi ini menangani isu Semenanjung Korea, termasuk masalah Pembicaraan Enam Pihak (Six-Party Talks) yang bertujuan untuk mengakhiri ambisi proyek nuklir Korea Utara.

Dari 2001 hingga 2004, Osius menjabat sebagai staf urusan lingkungan hidup regional Kedubes AS di Bangkok, di mana ia bertanggung jawab atas isu-isu sains, teknologi, dan kesehatan di Thailand serta dua puluh empat negara Asia dan Pasifik lainnya. Dari 1998 sampai 2001, Osius menjabat sebagai Penasihat Senior Urusan Internasional untuk Wakil Presiden Al Gore, membidangi kawasan Asia serta ekonomi dan perdagangan internasional.

Osius bergabung dengan Departemen Luar Negeri AS pada 1989. Ia pernah bertugas di Kedutaan Besar AS di Manila, Filipina; Vatikan; PBB; Hanoi; dan Ho Chi Minh City, Vietnam.

Osius memperoleh gelar B.A di bidang teori politik dari Harvard University pada 1984, dan gelar M.A. di bidang ekonomi internasional dan kebijakan luar negeri AS dari Johns Hopkins University School of Advanced International Studies pada 1989. Sebagai lulusan sarjana, ia pernah menyunting dan melakukan riset jurnal seperti Let’s Go: Israel and Egypt, Let’s Go: Greece, Let’s Go: Italy, dan Let’s Go: Europe. Pada 2002, CSIS/Praeger menerbitkan buku karangannya berjudul, The U.S.-Japan Security Alliance: Why It Matters and How To Strengthen It.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar